Pulau Tomia Bagian Dari Surga Bawah Laut Wakatobi

Bambonghore.com – Wakatobi adalah surga bawah laut, bagi pencinta diving pasti pernah mendengar atau sudah mengenal wakatobi, wakatobi sendiri merupakan kependekan dari nama empat pulau besar, yaitu Wangi-wangi, Kaledupa, Tomia dan Binongko. Ibu kota Wakatobi terletak di Pulau Wangi-wangi dengan ibu kota Wanci. Perjalanan yang kami tempuh menuju wakatobi melalui jalur udara dan laut. Perjalana Saat itu kami berangkat dari Kota Balikpapan Kalimantan Timur dan Transit ke  Kota Makassar Provinsi Sulawesi Selatan Sulawesi Selatan untuk menuju ke Bau-Bau Provinsi Sulawesi Selatan dari Lapangan kami tiba di Pelabuhan Murhum, dari sini ke Wangi-wangi (Wanci) menggunakan Laut Kapal /, Jadwal perahu kayu berangkat setiap hari (hanya 1 perahu per hari berangkat) dari bau busuk sampai jam atau sebaliknya, berangkat jam 9 malam dan sampai jam 7 pagi.
Tujuan utama wisatawan ke wakatobi adalah menikmati keindahan dan pesona taman lautnya yang berada di tengah segitiga karang dunia. Wakatobi adalah kumpulan pulau yang dikenal dengan pesona agungnya di pulau ini. Kami menginap di Wanci, banyak tempat menyelam dan snorkeling. Tempat terdekat yang bisa dikunjungi, berada di sekamir pelabuhan kapal feri, di belakang Hotel Wakatobi, Patuno Resort, Pantai Sousu, dan banyak lainnya.
Kami berjalan lebih dan lebih ke Pulau Tomia, menggunakan kapal yang sedang berjalan selama 6-7 jam. Penerbangan berangkat setiap hari dan hanya ada satu pemberangkatan dari Besok sampai Besok yang berangkat jam 8 pagi tergantung penerbangan penumpang yang penuh. Ada alternatif lain jika Anda ingin cepat menggunakan kapal cepat / speedboat berangkat setiap hari, hanya 1 keberangkatan dari Besok sampai Tomia jam 8 pagi tergantung panjang penumpangnya, jika panjang perjalanannya adalah antara 2 sampai 3 jam. Salah satu tempat favorit di dekat pulau ini adalah bukit puncak tertinggi Pulau Tomia dari bukit kami melihat surga pulau, kami bisa melihat keseluruhan pulau dengan padang savana. Tempat ini merupakan lokasi pembuatan film “Mirror Never Lies Film”.

Keesokan harinya kami menikmati keindahan pulau Tomia dengan snorekeling dan diving, ada tiga tempat yang kami kunjungi, yaitu taman kipas angin di sini bisa melihat karang yang luas berbentuk seperti kipas warna dan ikan bersekolah, spot table disini banyak sekali. Dari kelompok karang keras dan lebar dan daerah miringnya, bedanya dengan Spot marimabok disini kami akan melihat banyak terumbu karang yang menyerupai bunga yang sangat besar.

Masih banyak tempat kecantikan wakatobi yang bisa dikunjungi selain menikmati wisata pantai dan bawah laut, Wakatobi juga memiliki sejumlah tujuan wisata sejarah / benteng, gua alam, desa suku Bajo, panorama alam (matahari terbenam dan matahari terbit). Untuk menikmati segala sesuatu yang dibutuhkan dalam waktu lama, kami berencana untuk kembali pada waktunya untuk mengunjungi beberapa pulau lagi.